FAQ about TOEFL

Pengertian TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah standardisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tertulis (de jure) yang meliputi empat aspek penguasaan: Listening, Writing dan Reading.. Tes ini dikembangkan dan diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Amerika Serikat dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964.

Jenis tes TOEFL

a.Paper and Pencil Based TOEFL
Jenis tes TOEFL ini adalah tes TOEFL yang kita kenal selama ini, dimana baik soal maupun jawaban dikerjakan dengan menggunakan kertas dan pensil.
b.Computer Based TOEFL
Tes TOEFL ini adalah model tes yang relatif baru karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Seperti yang tertera pada namanya, tes ini menggunakan komputer dalam penyampaian soalnya dan peserta tes akan menjawab tes ini juga melalui komputer.

Perbedaan TOEFL Prediction dan TOEFL ITP

TOEFL Prediction Test merupakan prediksi atau prakiraan, sehingga tingkat keakuratan score-nya tidaklah begitu valid, dan sertifikatnya pun diterbitkan sendiri oleh lembaga penyelenggara test Prediction tersebut. Sedangkan TOEFL ITP Merupakan Test secara resmi yang diselenggarakan oleh IIEF, lembaga nirlaba Amerika Serikat di Jakarta sebagai Country Master Distributor untuk ITP TOEFL. Jadi sertifikatnya diterbitkan langsung dari ETS Princeton, New Jersey, Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *